Pengalaman Membayar Pajak Sepeda Motor di Samsat Manyar

bayar pajak motor di samsat manyar

Sharing By Rey - Pengalaman membayar pajak sepeda motor di Samsat Manyar Surabaya ini sungguh jarang terjadi.

Biasanya saya lebih memilih meminta tolong pak suami untuk mengurus hal tersebut.



Tahun ini saya belajar jadi wanita mandiri dengan mengerjakan segala sesuatu sendiri (aslinya sih karena gak ada yang bisa dimintain tolong, hahaha).

Dan karena pajak motor saya telah jatuh tempo di bulan Desember kemaren, jadinya saya waswas jika nantinya ketahuan bapak polisi di jalan.


Telat Membayar Pajak Tahunan Sepeda Motor 


Beruntung tahun ini pemerintah daerah Jatim memberlakukan pemutihan, eh apa ya namanya... kemudahan melakukan pembayaran pajak serta mutasi kendaraan.

Dan saya menikmati keuntungan dengan di bebaskan dari denda keterlambatan membayar pajak tersebut.

Kemaren sih, saya dan anak saya, #Darrell mendatangi samsat corner yang berada di lantai dasar Royal Plaza, selain lebih dekat dari tempat tinggal saya, pun tempatnya lebih nyaman karena berada di dalam mall.

Dan memang seperti itu adanya, saya sampai ke samsat corner tersebut pukul 12.30, dan suasananya sepi. Saya langsung di sambut dengan ramah oleh petugasnya dan meminta KTP dan STNK asli.

Setelah di check, ternyata ada pemblokiran dari Samsat tempat saya terdaftar yaitu Samsat Manyar, karena sudah lewat jatuh temponya. Dan saya hanya bisa mengurusnya langsung ke kantor Samsat Manyar.

Dengan sedikit kecewa saya pun pulang, gak berani langsung ke Samsat Manyar karena kata petugas di Samsat Corner tersebut tutupnya biasanya pukul 14.00.


Mengurus Pajak Sepeda Motor Yang Telat Bayar Di Samsat Manyar


Jadinya keesokan pagi tadi eh siang ding, setelah dengan penuh perjuangan membangunkan dan memandikan anak saya yang sukanya molor bangun siang, berangkatlah kami sekitar pukul 10.30 dari rumah.

Setelah melewati beberapa titik kemacetan plus bermandikan terik matahari, sampailah kami di kantor Samsat Manyar Kertoarjo sekitar pukul 11.30.

Agak was-was takut petugasnya sedang istrahat dan kami harus menunggu lama.
Setibanya di depan kantor tersebut saya tertegun sejenak, kebingungan ingin mencoba sistem drive thru. 

Untungnya di depan kantornya sudah ada tulisan keterangan drive thru untuk roda dua atau empat, saya lalu melewati jalur roda dua di sebelah kiri lalu kemudian berhenti di loket pertama.

Setelah menyapa, si petugas yang seorang bapak yang lumayan ramah, saya dimintai STNK dan KTP asli. Saya lalu menyerahkannya dan di periksa sejenak lalu dikembalikan dan di minta ke loket selanjutnya untuk membayarnya.

Dengan tetap mengendarai motor saya lalu mendekati loket pembayaran. Saya di sambut oleh seorang ibu-ibu yang lumayan ramah, beliau meminta STNK dan KTP asli saya lalu mengeceknya sejenak.

Setelah itu beliau mengembalikannya pada saya dan meminta saya membayarnya melalui loket nomor 16, dan sepeda motor saya boleh di parkir di situ saja

Saya yang polos langsung mengikutinya, setelah parkir dan sedikit kebingungan saya masuk ke dalam perkantoran tersebut dan mencari loket tersebut, seorang bapak2 sempat menyarankan saya meminta formulir dulu di loket 2, namun saya tetap mengikuti petunjuk ibu dari loket pembayaran Drive Thru dan mendatangi loket 16 tersebut.

Hasilnya di loket tersebut saya mendapatkan omelan dari petugasnya yang memang berwajah sedikit jutek, mungkin beliau sedikit kecapekan melayani para customer yang memang penuh dengan berbagai masalah, ada yang gak bawah formulir kayak saya :D, ada yang bawa formulir tapi gak di isi dll..

Kalau saya sih cuman ngikutin petunjuk ibu di loket pembayaran drive thru ya pak.. #Alesan :D

bayar pajak motor di samsat manyar surabaya
Lucky me, antrian di loketnya gak banyak :)

Meski penuh omelan saya tetap dilayani dan diberi formulir oleh beliau, lalu di minta ke tempat pengesahan di loket nomor 22.

Saya lalu mendatangi loket tersebut dan Alhamdulillah hanya menunggu sekitar 5 menit, nama saya kemudian di panggil, saya di minta membayarnya di loket nomer 15.

Dengan semangat saya kemudian mendatangi loket nomer 15 dan di layani oleh ibu2 di loket nomer 14 yang ternyata sama2 melayani pembayaran.

Saya lalu membayar pajak sebesar Rp. 222.500,- 

Awalnya saya ingin membayar dengan uang pas, mengingat komentar-komentar negatif tentang Samsat para blogger, namun ternyata gak seperti itu, mereka telah menyiapkan uang kembalian sehingga semua kembalian uang customer dapat dikembalikan.

mengurus pajak stnk motor yang telat bayar
Halaman depan kantor Samsat Manyar, sepi ya..


Yup, Alhamdulillah, kurang lebih setengah jam kami di kantor tersebut, akhirnya selesai juga kewajiban membayar pajak tahunan sepeda motor saya.

Sebenarnya, gak ada yang menakutkan dari pengurusan di Samsat.
Loket2nya jelas, tulisan2 pemberitahuan mana yang gratis mana yang bayar pun ada di mana2.

Over all, saya puas dengan pelayanan Samsat Manyar. Dan terakhir saya ngeh, saya gak bisa di terima bayar di loket drive thru karena pajak saya memang sudah jatuh tempo, jadi harus di sahkan di kantornya langsung.

bayar pajak motor di samsat manyar
Harusnya sih, saya bisa membayar pajaknya langsung di sini,
 loket pembayaran untuk drive thru
Nah, bagi teman - teman yang belum membayar pajak, atau ingin mutasi kendaraannya, segera deh datangi Samsat di kota2 terdekat (khusus Jatim yaaa...)

Pemutihannya sampai tanggal 28 Februari 2015 nanti..
So jangan sampai terlewatkan...

Orang Bijak Taat Pajak :)

Sidoarjo, 23 Januari 2015

Reyne Raea

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)